Rabu, 03 September 2014

RINCIAN FORMASI ASN DAERAH DARI PELAMAR UMUM PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA TAHUN ANGGARAN 2014

Klik Disini Untuk Melihat Detail Formasi

A. Persyaratan Umum
1.   Warga Negara Indonesia
2.Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat pelamaran.
3.Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai   kekuatan yang tetap,   karena melakukan suatu   tindak pidana kejahatan.
4.Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS / Anggota TNI / Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai swasta.
5.Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil Calon Anggota/anggota TNI/POLRI.
6.Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan.
7.Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang ditetapkan.
8.   Mempunyai integritas tinggi dan berkelakuan baik serta bebas Narkoba.
9.   Sehat jasmani dan rohani.
10. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai.
11.Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
12.Apabila salah satu point tersebut diatas tidak terpenuhi, maka peserta dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi

B. Persyaratan Khusus
1.Mempunyai KTP-el yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, bagi yang sudah melakukan perekaman KTP-el tetapi belum menerima fisiknya agar melampirkan Surat Keterangan sudah melakukan perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil.
2. Lulusan S1 atau D III dari Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dengan IPK Minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima).
3.Untuk Lulusan S1 atau D III Luar Negeri harus disertai dengan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan RI dengan   Konversi IPK disamakan dengan Perguruan Tinggi Negeri.
4.Untuk formasi jabatan Asisten Apoteker Pelaksana, Teknik Elektromedis Pelaksana, Bidan Pelaksana, Perekam Medis Pelaksana dan Nutrisionis Pelaksana harus melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR)
5.Untuk formasi Dokter dan Apoteker wajib melampirkan ijazah Pendidikan Profesi.
6. Untuk Formasi Tenaga Pendidik wajib melampirkan Sertifikat Pendidik.
7.Untuk Ijazah sementara / Surat Keterangan lulus / bukti yudisium tidak berlaku.
III. KETENTUAN PENDAFTARAN
1.Pelamar melakukan pendaftaran online pada tanggal 01 September 2014 s.d. 15 September 2014 di portal nasional Panselnas dengan alamat   https://panselnas.menpan.go.id   selanjutnya pelamar mendaftarkan NIK (nomor induk kependudukan), nama, tanggal lahir dan e-mail yang aktif kemudian pilih instansi Pemerintah Kota Tasikmalaya pada kolom instansi yang akan dilamar. Pelamar akan mendapatkan user ID dan password untuk mengakses portal https://sscn.bkn.go.id selanjutnya melengkapi data registrasi dan mencetaknya.
2.Setelah melakukan registrasi online, Pelamar wajib mengirimkan dokumen lamaran yang dipersyaratkan melalui Pos dan diterima paling lambat   tanggal 20 September 2014 (cap pos).
3.Bagi Pelamar yang mengirim lamaran sebelum dan sesudah tanggal ditetapkan tidak akan diproses atau dinyatakan gugur.
4.Lamaran yang memenuhi syarat akan diberikan balasan disertai dengan tanda peserta ujian / nomor tes;
5.Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani dengan mencantumkan :
-   Nama lengkap (semua gelar ditulis dibelakang Nama)
Tempat / Tanggal Lahir
-   Pendidikan terakhir
Jenis kelamin
-Alamat Jelas (Jalan, Dukuh/Kampung, Rt/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kab, dan Propinsi)
Jenis Formasi
Nama Jabatan
-Alamat e-mail yang masih aktif
Surat lamaran dilampiri berkas dengan susunan sebagai berikut :
1.Pas photo berwarna terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar. Dan dibaliknya ditulis nama pelamar.
2. Mempunyai KTP-el yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, bagi yang sudah melakukan perekaman KTP-el tetapi belum menerima fisiknya agar melampirkan Surat Keterangan sudah melakukan perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil.
3. Hasil cetak (print out) nomor registrasi online.
4.Fotocopy Ijazah dan transkrip akademik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (Legalisir Cap basah).
5.Fotocopy SK Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, apabila di dalam ijazahnya tidak tercantum penetapan akreditasinya.
6.Menyertakan amplop balasan yang berukuran 23 x 11 cm yang sudah dibubuhi perangko (minimal Rp. 6.000,-) dengan menuliskan nama dan   alamat lengkap serta   alamat e-mail. Bagi yang tidak menyertakan amplop balasan dan alamat yang tidak jelas tidak akan dibalas.
7.Berkas lamaran dimasukan ke dalam Map sesuai dengan warna Jenis formasi dan dimasukkan kedalam amplop   coklat ukuran 35 x 24,5 cm ditujukan kepada:
Yth. WALIKOTA TASIKMALAYA
PO BOX 3000
Pada ujung kiri atas amplop lamaran   ditulis "Perihal : Lamaran CPNS, Jenis Formasi, Nama Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan"
Warna Map Jenis Formasi :
Tenaga Pendidik               = Merah
Tenaga Kesehatan           =   Hijau
Tenaga Teknis                 = Kuning
IV.PELAKSANAAN SELEKSI
1.   Seleksi terdiri dari 2 (Dua) tahap :
a. Tahap I   Seleksi Administrasi
Bagi   pelamar yang dinyatakan   memenuhi   persyaratan administrasi (Seleksi Tahap I), akan mengikuti seleksi Tahap II berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD).
b. Tahap II   Tes Kompetensi Dasar (TKD)
-   TKD akan dilaksanakan pada jadwal dan lokasi yang akan ditentukan kemudian melalui website Pemerintah Kota Tasikmalaya :     www.tasikmalayakota.go.id
-   Bagi Peserta TKD wajib membawa Kartu Peserta dan KTP Asli.
-   Ujian TKD menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).
-   Materi Tes Kompetensi Dasar yang meliputi :
a.Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
b.Tes Intelegensia Umum (TIU)
c.Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
-Keputusan kelulusan   Tes (Tahap II)   akan diumumkan setelah   mendapat keputusan lebih lanjut dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan keputusan tersebut bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.
2.Pada tiap tahapan tes diterapkan sistem gugur. Apabila peserta tidak memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan, maka peserta yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti tahapan tes selanjutnya. Ketentuan ini berlaku mengikat kepada seluruh peserta tes CPNS Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2014.
3.Pengumuman lulus seleksi dapat dilihat di website Pemerintah Kota Tasikmalaya :  www.tasikmalayakota.go.id (tidak ada pemberitahuan lewat surat).
V.   KETENTUAN LAIN
1.   Berkas lamaran yang sudah dikirim menjadi milik Panitia (tidak dikembalikan).
2.   Pelamar yang tidak memenuhi syarat tidak akan diikutsertakan dalam tes.
3.   Pelamar tidak dipungut biaya apapun selama proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil.
4.Setiap pelamar hanya boleh melakukan pendaftaran satu kali dan pelamar yang mendaftar lebih dari satu kali tidak akan diproses dan dinyatakan gugur.
5.Setiap Pelamar yang memberikan data dan informasi yang tidak benar atau memalsukan data maka kelulusannya dibatalkan (dinyatakan gugur) dan dapat dituntut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
6.Pakaian peserta test pada saat pelaksanaan test menggunakan kemeja warna terang, rok/celana panjang warna gelap.
7.   Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
CONTOH PENULISAN AMPLOP LAMARAN
Halaman Muka

Perihal                               : Lamaran CPNS
Jenis Formasi                     : Tenaga Administrasi/Teknis Lainnya
Nama Jabatan                    : Analis Anggaran
Kualifikasi Pendidikan         : S.1 Akuntansi

                                                                        Kepada, 
                                                                        Yth. WALIKOTA TASIKMALAYA
                                                                        PO BOX 3000
Halaman Belakang
Pengirim
Nama         :
Alamat       :

CONTOH PENULISAN AMPLOP BALASAN
Halaman Muka
                                                                                    
PERANGKO                 
                                                       
                                                         Kepada,
                                                         RUDI SUBANDI
                                                         JL. TUGUJAYA NO. 12 RT. 02/05
                                                         KELURAHAN TUGUJAYA KECAMATAN CIHIDEUNG
                                                         KOTA TASIKMALAYA - PROVINSI JAWA BARAT
                                                         E-MAIL RUDI@YAHOO.COM

CONTOH LAMARAN



....., ....................2014
Kepada                       
Yth Walikota Tasikmalaya
di                               
TASIKMALAYA          

                  Perihal : Permohonan Lamaran Kerja
Yang bertanda tangan di bawah ini :
N a m a                          :
Tempat/Tanggal Lahir     :
Pendidikan Terakhir        :
Jenis Kelamin                 :
Alamat                           :
Jenis Formasi                 :
Nama Jabatan                :
Nama e-mail                   :
Dengan ini saya mengajukan permohonan kepada Bapak agar dapat hendaknya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil – Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan formasi jabatan ……………………………... (sebutkan lowongan jabatan yang dilamar)
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya lampirkan :
  1. Bukti Registrasi Online;
  2. Foto copy KTP-el yang masih berlaku yang dilegalisir oleh pihak yang berwenang, bagi yang sudah melakukan perekaman KTP-el tetapi belum menerima fisiknya agar melampirkan Surat Keterangan sudah melakukan perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  3. Pas Photo berwarna terbaru ukuruan 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) buah;
  4. Foto copy Ijazah/STTB yang telah dilegalisir/disahkan oleh pejabat yang berwenang;
  5. Foto copy Transkrip nilai yang telah dilegalisir/disahkan oleh pejabat yang berwenang;
  6. Foto copy SK Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, apabila didalam ijazahnya tidak tercantum penetapan akreditasinya;
  7. Foto copy Sertifikat Pendidik (bagi S.1 Kependidikan) yang telah dilegalisir/disahkan oleh Pejabat yang berwenang;
  8. Foto copy Ijazah Profesi (bagi Dokter Umum, Dokter Gigi dan Apoteker) yang telah dilegalisir/disahkan oleh pejabat yang berwenang;
  9. Foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, bagi yang melamar Jabatan Asisten Apoteker Pelaksana, Teknis Elektromendik Pelaksana, Bidan Pelaksana, Perekam Medis Pelaksana dan Nutrisionis Pelaksana.
Demikian surat permohonan ini, besar harapan saya kiranya Bapak berkenan mengabulkan permohonan ini dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
(Ditandatangani tanpa materai)
NAMA PELAMAR


 Penting !!  
-  Memutuskan untuk memilih formasi ini berarti tidak bisa memilih formasi lainnya.

-  Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi