Kamis, 02 Oktober 2014

Mari Berkampanye "Gerakan Keluarga Sadar Obat" pada Hari Kesehatan Nasional, 12 November 2014


Ikatan Apoteker Indonesia, dalam rangka memperingati The World Pharmacist Day pada tanggal 25 September 2014 kemarin, telah melakukan beberapa kegiatan dari tingkat pusat hingga daerah. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi sosialisasi penggunaan obat yang benar (melalui media cetak dan radio) termasuk juga sosialisasi Gerakan Keluarga Sadar Obat yang sudah dicanangkan oleh IAI beberapa tahun yang lalu. Gerakan ini merupakan upaya kongkrit dari apoteker baik secara individu maupun institusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Hari Kesehatan Nasional (HKN), 12 November 2014

Di dalam negeri, kita juga memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) setiap tanggal 12 November. Ikatan Apoteker Indonesia juga menginstruksikan kepada segenap apoteker untuk melanjutkan beberapa program sosialisasi yang sudah dilaksanakan dalam peringatan hari apoteker sedunia.
Beberapa kegiatan yang diinstruksikan oleh Pengurus Pusat IAI tersebut meliputi:
  • SOSIALISASI Program Keluarga Sadar Obat oleh Pengurus Daerah/Pengurus Cabang melalui media Radio/ TV Lokal / Media Cetak lokal di masing-masing daerah. (download materi di sini)
  • Memberikan PENYULUHAN tentang pentingnya keluarga sadar obat kepada warga masyarakat di lingkungan tempat kerja/praktik masing-masing
  • Pemasangan SPANDUK dan POSTER Program Keluarga Sadar Obat oleh Apoteker di Apotek tempat praktik masing-masing (download desain poster dan spanduk).
  • Pemasangan PAPAN NAMA PRAKTIK oleh Apoteker di Apotek tempat praktik masing-masing sesuai dengan ketentuan PO. 005/ PP.IAI/1418/VII/2014 tentang Papan Nama Praktik Apoteker
  • Membuat T-SHIRT DAGUSIBU dalam jumlah yang cukup, untuk dipakai pada peringatan HKN 2014 (download desain T-Shirt di sini)
  • Melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan propinsi/kabupaten/kota setempat untuk berperan aktif dalam rangkaian kegiatan HKN 2014
PP IAI juga mengakreditasi beberapa kegiatan tersebut di atas dengan nilai 3 – 5 SKP. Rangkaian kegiatan tersebut dapat dilaksanakan mulai dari sekarang sampai dengan puncak peringatan HKN 2014 tanggal 12 November 2014. Kegiatan ini pun juga dapat dilanjutkan sampai program tersebut efektif.
Materi untuk kampanye GKSO dapat diunduh pada tautan berikut ini